UBN: Peran Strategis Jurnalis Mampu Membersihkan Kotoran-kotoran Informasi

MATAMEDIABEKASI.COM – JAKARTA – Ustadz Bachtiar Nasir (UBN) menerima kunjungan silaturahim sejumlah jurnalis muslim dari berbagai media. Silaturahim yang berlangsung di kediaman UBN di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur Selasa (10/5/2022).

Dalam kesempatan itu, UBN memberikan wejangan terkait posisi strategis profesi jurnalis. Menurut UBN, seorang jurnalis dapat berperan membersihkan kotoran-kotoran informasi.

“Posisi anda ini positioning. Strategis dalam menjaga umat dari perpecahan,” ungkap UBN.

Untuk mencegah perpecahan di kalangan umat, UBN menekankan pentingnya bertabayyun dan menjaga silaturahim.

“Perpecahan itu terjadi di mana saja. Bukan hanya anda (jurnalis), di tingkat ulama juga terjadi,” kata UBN.

Dijelaskan UBN, bersilaturahim merupakan perkara penting yang diperintahkan Allah. Bahkan memutuskan tali silaturahmi adalah salah satu dosa besar selain berzina.

Untuk itu, UBN mengapresiasi langkah sejumlah jurnalis muslim yang melakukan silaturahim kepada ulama. UBN berharap silaturahim ini terus dilanjutkan di luar momentum Iedul Fitri.

“Silaturahmi media merupakan bentuk bertaqarrub. Perintah Allah. Diantara perintah Allah adalah bersilaturahim,” jelas Alumni Universitas Islam Madinah, Arab Saudi ini.

Mencegah perpecahan dinilai UBN bukan perkara mudah. Dibutuhkan kedewasaan, dibutuhkan kelapangan hati menyikapi perbedaan.

“Koreksi diri saja. Kalau kita sebagai perekat, jika masih mudah memecah yang tidak bisa akan menyatukan,” ujar UBN. (*)