Duta Baca Indonesia Kunjungi Forum TBM Karawang Diskusi Kepenulisan

 Duta Baca Indonesia Kunjungi Forum TBM Karawang Diskusi Kepenulisan

Karawang – Forum Taman Baca Masyarakat (TBM) Karawang menghadirkan Duta Baca Indonesia Gol A Gong. Sahabat literasi karawang berdiskusi santai tentang kepenulisan. Sabtu, (13/11/21).

Pertemuan ini bertempat di Gramedia World Karawang, Kav. V, Jl. Galuh Mas Raya, Sukaharja, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 4136. Toko buku kekinian dan tempat favorit pecinta buku di Kabupaten Karawang.

Pada kesempatan ini dihadiri oleh Duta Baca Indonesia, Duta Baca Jawa Barat dan duta baca lainnya, Tim Gramedia Karawang, Forum TBM Karawang, Sahabat Literasi Karawang dan audiens Gramedia Karawang. Gol A Gong menyapa dengan hangat pengunjung Gramedia dan sahabat literasi Karawang.

Penulis buku Balada si Roy mengawali diskusi dengan melakukan voting siapa yang suka esai, puisi, cerpen dan novel.

“Saya suka puisi cinta”, kata Nurul Ilmi Ketua FTBM Karawang.

“Saya suka cerpen”, ujar Nadia Pendongeng Karawang.

Sedangkan sahabat literasi karawang lainnya memilih esai. Akhirnya Gol A Gong mengawalinya dengan esai.

“Esai bersifat subjektif bermula dengan opini dan dilakukan dengan minimal 3 (tiga) pembuktian. Karena jika tidak ada pembuktian maka tulisannya kurang kuat. Esai bisa menggunakan saya atau aku juga bisa menciptakan tokoh”, kata Gol A Gong.

Sedangkan untuk premis dalam novel dan cerpen ide dasar novel atau cerpen kita dalam satu kalimat sederhana yang lugas dan jelas. Premis merupakan hal yang paling vital oleh karenanya maka harus hapal di luar kepala.

“Puisi sedikit kata menyembunyikan makna”, tambah ia.

Pendiri Rumah Dunia Banten itu menceritakan bahwa pertama kali jatuh cinta kepada mantan pacar yang sekarang menjadi istrinya yaitu dengan puisi yang dibuat Tias kepada dirinya.

Di dalam sastra tidak bisa memuaskan semua orang. Apa yang kita buat menjadi sebuah karya belum tentu semua orang menjadi suka. Jangan sedih jika tidak semua suka karena masih ada sebagian yang suka. Tergantung dari target pembacanya siapa.

“Semoga dengan adanya pertemuan ini bisa memotivasi lagi khususnya bagi sahabat-sahabat literasi di Karawang. Membaca itu sehat menulis itu hebat”, pungkasnya.

Digiqole ad