PC PMII Kabupaten Bekasi; Ajak Kader Berpikir Inovatif dan Adaptif

Pengurus Cabang PMII kabupaten Bekasi menggelar Rapat Kerja Cabang (RAKERCAB). Dengan tema “Akselerasi Gerakan dan Adaptif Zaman” di Pesantren Halqoh El-Istighotsah Cikarang Utara Bekasi, Kamis (24/12).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) Drs. KH. Khoirul Hadi Nasution SS., MA dan Pengurus Cabang PMII Kabupaten Bekasi Masa Khidmat 2020-2021 juga bagian dari peserta RAKERCAB.

Dalam sambutannya Khoirul Hadi biasa disapa Bang Hadi memberikan pesan-pesan bahwa “PMII Kabupaten Bekasi harus berpandangan jauh kedepan bukan hanya perihal penguatan secara ideologis namun harus bisa memetakan peta distribusi untuk kader pasca struktural”. Ucap juga Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Bekasi

M. Harun Al-Rasyid (Ketua Cabang) menambahkan “Selayaknya kapal pesiar yang belayar, bahwa organisasi seyogyanya mempunyai arah yang mesti memiliki road map yang jelas, dan Rapat Kerja Cabang (RAKERCAB) menjadi forum olahan atau racikan road map organisasi yang kita sama-sama ingin bangun ini” Tuturnya

Lanjut Harun kepada peserta Raker, rancangan yang digagas harus bersifat inovatif dan adaptif jangan hanya bersifat seremonial tapi harus selaras dengan kekhasan PMII dalam berpikir.

“Berkumpulnya kita di sini jangan jadikan raker sebagai ajang seremonial saja, melainkan ide dan gagasan Sahabat-sahabat harus bersifat inovatif dan adaptif, karena itu adalah kekhasan PMII yang selalu berpikir secara konseptual” Imbuhnya

Adapun agenda tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat hingga malam dan menghasilkan beberapa program unggulan diantaranya: membangun Sekretariat Permanen, aplikasi database PMII, modul-modul kaderisasi formal dan non-formal, membuat konsep Kaderisasi berbasis potensi, KTA PMII berbasis digital, serta membuat LSO atau Lembaga Semi Otonom PMII, dan program lainnya yang berkaitan dengan kebutuhan anggota dan kader di Kabupaten Bekasi.

Perlu diketahui tahapan Rakercab sebelumnya melaksanakan Pra-rakercab yang menjadi forum sillaturahim dan sillatulilmi BPH Komisariat Se-Kabupaten Bekasi dengan BPH Pengurus Cabang, bertujuan menerima masukan program serta saran untuk dibawa dalam forum RAKERCAB PC PMII Kabupaten Bekasi.