PC Muslimat NU Kabupaten Bekasi; TKM Pembentukan Wirausaha Baru

Inisiatif pengembangan Usaha dan kapabilitas UMKM melalui pendampingan dan pelatihan kewirausahaan sebagai upaya meningkatkan ekonomi oleh PC Muslimat NU Kabupaten Bekasi yang mendapat dukungan dari Kementrian Ketenagakerjaan melalui payung program kegiatan pembentukan wirausaha baru tenaga kerja mandiri (TKM) yang bertempat di Aula Desa Lambang Sari, Tambun Selatan. Bekasi. Senin, 26/10/20.

Ketua Muslimat NU Kabupaten Bekasi, Hj. Vera Susanti menjelaskan, “Pandemi mengajak kita untuk terus menerus mencari solusi terbaik bagi peningkatan perekonomian kaum ibu semasa pandemi. Kita tak bisa menutup mata lagi bahwa di Kabupaten Bekasi sedang ramai pegawai yang dirumahkan dan di PHK secara sepihak oleh perusahaan-perusahaan yang belum mampu bertahan dari pergolakan ekonomi akibat pandemi ini. Maka dengan adanya pelatihan pengembangan usaha laundry, Muslimat NU Kabupaten Bekasi berharap skill yang telah didapat dari pelatihan ini dapat disebarkan kembali, dan peserta yang terlibat dapat menjadi komoditor pengembangan skill usaha lainnya.”

Menurutnya TKM yang bekerjasama dengan Kementrian Ketenagakerjaan ini sejatinya dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah karena dapat dilakukan siapa pun dengan modal terbatas.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan H. Suhup, SH., M.Si menjelaskan salah satu cara untuk mendukung ekonomi yaitu melalui berbagai inisiatif pengembangan TKM agar dapat meningkatkan kemampuan dan meraih peluang usaha sehingga potensi yang dimiliki bisa berkembang.

“2021 Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bekasi yang juga merupakan inkubator gerakan perekonomian masyarakat terus mengambil peran aktif berkontribusi pada pembangunan TKM melalui pelatihan-pelatihan guna membangun SDM yang mapan secara skill dan etos kerja.”

Kegiatan pengembangan usaha laundry ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari anggota Muslimat Kabupaten Bekasi dan PKK Desa Lambang Sari.