Refleksi Kinerja Satu Tahun Anggota DPRD Kabupaten Bekasi.

CIKARANG. 05 September 2019 hari Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi terpilih hasil Pemilu 2019. Dimana Gerindra memperoleh 11 Kursi terbanyak, diikuti PKS 10 kursi, PDI 7 Kursi, Golkar 7 Kursi, Demokrat 6 kursi, PAN 3 kursi, PPP 2 kursi, PKB, PBB, Nasdem dan Perindo masing-masing 1 kursi.

Pesan.
Ingat, sejak 05 September 2019 merupakan titik tolak kebersamaan kita untuk kembali membangun Kabupaten Bekasi tanpa perbedaan tim sukses internal partai maupun perbedaan dengan eksternal partai. Karena cukuplah perbedaan partai yang membedakan kita, selebihnya kita sama dan jangan dibuat berbeda.

Dan hari ini 05 September 2020 merupakan hasil sementara satu tahun kita bekerja siang maupun malam, kerja formal maupun non formal, karena tufoksi bahkan bukan bagiannya tetap kadang kala kita kerjakan.

Berdasarkan UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa DPRD merupakan sebagai bagian dari Penyelenggara Negara dengan tufoksi dewan ada 3 yaitu Fungsi Pembentukan Peraturan Daerah, Fungsi Penganggaran atau Budgeting dan Fungsi Controlling atau Pengawasan.

Pertama
Tufoksi Pembentukan Peraturan Daerah, DPRD dituntut untuk mampu melakukan inisiative, lebih kreative melakukan identifikasi dan pembuatan solusi sistemik dengan membuat Peraturan Daerah yang mampu memproteksi warga bangsa kita agar menjadi sasaran dan output keberhasilan pembangunan di Kabupaten Bekasi.

Kedua
Tufoksi Budgeting ataupun Penganggaran kita sebagai anggota DPRD harus fight, semangat dan penuh pengetahuan untuk memastikan konstituen kita mendapatkan advokasi dan alokasi anggaran dan menjadi subjek maupun objek pembangunan sehingga mendapatkan manfaatkan langsung berupa bantuan anggaran pembangunan pemberdayaan khususnya dan juga bantuan pembangunan tidak langsung lainnya dari kehadiran kita sebagai wakil masyarakat.

Ketiga
Fungsi Pengawasan atau controlling dimana anggota DPRD harus mampu mengelaborasi dan mengidentivikasi segala informasi permasalah masyarakat yang memang harus diselesaikan secara sistemik dan terintegrasi sehingga pembangunan menjadi terarah, terukur dan berdampak jangka panjang untuk kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakatnya.

Harapan
Kita berharap semua stakeholder masyarakat, tim sukses dan kader partai harus kembali aktive menghidupkan ruh perjuangan politik seperti halnya menjelang pemilihan dan sekarang dimasa kemenangan lebih Komunikative lagi untuk bersama2 bekerja sesuai tufoksi-nya masing-masing, kader partai bangun terus komunikasi informasi atas apa yang dibutuhkan masyarakat, dewan terus berjuang mengadvokasi masyarakat, partai membuat arah kebijakan politik berbasis kinerja agar keberadaan PKS dengan jumlah kursi yang sebanyak semakin memberikan kemanfaatan yang juga lebih besar untuk kemaslahatan umat, bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Mohon doa dan restunya agar kami terus mampu mencari dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat, kader dan untuk bangsa dan negara Indonesia kita tercinta. Demikian yang dilaporkan oleh Budiyanto S.Pi (Budiyanto)