Budiyanto : Sudah Waktunya Koperasi Indonesia Mengikuti Era Industri 4.0

Matamediabekasi – Hari Koperasi Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Juli 2020, mendapatkan respon positif dari seorang politisi PKS, Budiyanto, S.Pi.

Menurutnya, pengelolaan Koperasi Indonesia sudah saatnya mengikuti Era Industri 4.0, sehingga lebih maju dan sesuai dengan perkembangan jaman. Dia juga menyoroti tentang lemahnya loyalitas para anggota koperasi.

“Permasalahan utama Koperasi sulit berkembang sejak dulu, karena masalah internal yaitu loyalitas anggota yang lemah komitmen untuk belanja di Koperasi, ” ungkap Budiyanto, Sabtu (11/7/2020).

“Semua itu, tak lepas dari pondasi koperasi, yaitu para anggotanya. Jika anggota koperasi lemah, maka lemah pula koperasinya,” lanjutnya.

Kang Budi menegaskan, bahwa komitmen dalam berkoperasi harus ditumbuhkan, sebagai spirit dalam memajukan koperasi.

Menurutnya, yang tidak kalah penting adalah model pengelolaan koperasi yang masih konvensional, padahal saat ini kita sudah memasuki era digital, era industri 4.0 dan seharusnya segmen milenial menjadi fokus bagi koperasi.

“Sudah tidak zamannya lagi model koperasi konvensional, pengunaan teknologi digital dan sentuhan kreatif dan inovatif sangat panting,” katanya.

Sebagaimana diketahui bersama, selain sebagai salah seorang politisi dari PKS, Budiyanto juga sebagai Ketua Syarikat Islam Kabupaten Bekasi. Dirinya selalu berupaya menggalakan pengembangan dakwah ekonomi kerakyatan berbasis masjid.

Sumber : Budiyanto S, Pi