SETIAP ZAMAN ADA ORANGNYA DAN SETIAP ORANG ADA MASA KEJAYAANNYA

SETIAP ZAMAN ADA ORANGNYA DAN SETIAP ORANG ADA MASA KEJAYAANNYA

Bagian kedua

Kabupaten Bekaai – FBN |Indikator pertumbuhan ekonomi secara makro yang kemudian berdampak pada tumbuhnya kemampuan dan meningkatnya daya beli masyarakat, salah satu sektor yang bisa mempengaruhi nya adalah Industri. Kehadiran sektor ini ditengah masyarakat sangat penting karena akan membawa perubahan besar secara makro dan berdampak luas pada sendi-sendi kehidupan masyarakat umumnya khususnya masyarakat Kabupaten Bekasi.

Sebagai daerah yang ditakdirkan menyangga sektor Industri, dengan jumlah pabrik kurang lebih 6.300 pabrik yang terhampar luas di kabupaten Bekasi, harusnya momentum ini seiring sejalan dengan pemberdayaan sumber daya manusianya. Lagi-lagi dalam kontek ini kehadiran pemerintah daerah sebagai regulator dan peran serta masyarakat sebagai operator harus saling berkaitan satu sama lain, karena kehadiran sektor Industri tanpa dibarengi dengan pembangunan sumberdaya manusianya akan menjadi hal yang sia-sia.

Pentingnya membuat regulasi daerah sebagai instrumen yang dapat memayungi setiap kepentingan masyarakat adalah keniscayaan yang harus selalu dihadirkan, karena walau bagaimanapun peradaban manusia itu terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, begitupun dengan peraturan daerah yang di tuntut penyesuaiannya.

Salah satu bukti Pemerintah Daerah Hadir adalah dengan diterbitkannya Peraturan Bupati No. 19 tahun 2019 tentang kesempatan kerja seluas-luaanya bagi masyarakat Kabupaten Bekasi yang artinya peluang dan kesempatan kerja bagi masyarakat kabupaten Bekasi telah didukung penuh oleh pemerintah daerah. Namun agar Perbup tersebut tidak dirasakan mandul, tentunya harus didukung pula oleh kemampuan dan skill keterampilan para pencari kerja, agar sinkronisasi antara pemerintah daerah, perusahaan dan para pencari kerja dapat berjalan sinergi. Lagi-lagi dalam kontek ini stakeholder kelembagaan seperti BLK, baik yang swasta ataupun BLK yang dinaungi oleh dinas terkait harus siap dalam rangka mensukseskan esensi yang diamanatkan oleh Perbup tersebut.

Kedepan inilah yang menjadi tantangan Budiyanto bilamana takdir melalui dukungan masyarakat kabupaten Bekasi, menitipkan amanat kepadanya, memberikan kesempatan strategis untuk menjadi pemimpin di Kabupaten Bekasi, kata kuncinya adalah menciptakan bagaimana program-program legislasi daerah betul-betul senafas dengan kebutuhan sosiologis masyarakat kabupaten Bekasi. Kenapa ini menjadi penting? Karena keseimbangan pertumbuhan sektor industri harus diikuti dengan kemampuan dan keterampilan SDM nya. dan kata kuncinya adalah Pemerintah Daerah harus hadir menyikapi terkait berbagai hal yang sedang berkembang ditengah masyarakat…

bersambung
JHON’S