Ospek DUBA 2019: Mewujudkan Generasi Muda Sebagai Benteng Kokoh Pertahanan Nasional Dalam Menghadapi Revolusi 4.0

DuBa-Cikarang Utara. Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) Jurusan teknik elektro, teknik informatika dan teknik mesin. Yang dibuka dengan penampilan tari dan doa dari mahasiswa, tahun ini mengangkat tema MEWUJUDKAN GENERASI MUDA SEBAGAI BENTENG KOKOH PERTAHANAN NASIONAL DALAM MENGHADAPI REVOLUSI 4.0 . “Tema ini dipilih karena kita perlu mempersiapkan para mahasiswa baru, khususnya jurusan Teknik untuk menjadi generasi yang kritis, aktif dan berperan bagi bangsa sesuai dengan bidang keahlian mereka,” tutur Sigit Panca Priyana selaku Puket 3 Bidang Kemahasiswaan.

Ospek yang dihelat di kampus baru Sekolah Tinggi Teknologi Duta bangsa Cikarang pada Minggu (15/September 2019) ini diikuti oleh 170 mahasiswa baru diantaranya mahasiswa teknik elektro, teknik informatika dan teknik mesin. Rangkaian acara kali ini disesuaikan dengan esensi ospek. Yang tak lain untuk memperkenalkan lingkungan kampus pada umumnya, jurusan pada khususnya. Serta membekali para mahasiswa baru perihal sistem pembelajaran yang ada sebelum mereka memasuki kegiatan perkuliahan.

Para mahasiswa baru diajak untuk lebih mengenal lingkungan kampus melalui pemutaran video Campus Tour. Selain itu, ada pula pengenalan dosen dan dialog jurusan yang dibersamai oleh Dedi Wirasasmita, St., M.M., M.Kom. Ketua STT Duta Bangsa dan Sigit Panca Priyana selaku Ketua Prodi Puket III bidang kemahasiswaan. Keduanya memaparkan tentang kurikulum, sistem perkuliahan, serta paket konsentrasi yang ditawarkan di jurusan teknik. Dedi wirasasmita, St., M.M., M.Kom. selaku ketua mengatakan bahwa jurusan pendidikan teknik menawarkan beberapa paket pilihan konsentrasi bidang keahlian, antara lain:

Rekayasa Sistem Industri (RSI) Manajemen Sistem Industri (MSI) Sistem Informasi Manajemen Industri (SIMI) Department Student.

Lalu adapun pemaparan mengenai bela negara oleh KOREM “Sebagai mahasiswa kita harus SIGAP”, ujarnya.

Badan eksekutif mahasiswa (BEM) atau Himpunan Mahasiswa adalah organisasi mahasiswa intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat pendidikan tinggi. Mahasiswa baru dapat bergabung ke dalam divisi-divisi yang ada dan disesuaikan dengan minat bakat yang dimiliki. “Sesungguhnya landasan perjuangan itu adalah nurani yang menyala, dasar keikhlasan adalah hati yang bertakwa, dasar semangat adalah perasaan yang menggelora dan dasar amal adalah kemauan yang kuat. Hal itu semua tidak terdapat kecuali pada diri para pemuda”, ucap Indra Kusuma selaku Ketua BEM Sekolah Tingginggi Teknologi Duta Bangsa pada orasinya.

Di akhir acara, para peserta juga dihibur dengan
🍂 pengenalan BEM
🍂 pengenalan anggota
🍂pemaparan tugas tugas nya
🍂 games berhadiah
🍂 teman baru

Melalui OSPEK kali ini diharapkan mahasiswa baru jurusan teknik nantinya tak hanya aktif sebagai akademisi saja, melainkan dapat berkontribusi sebagai aktivis yang berperan dalam perubahan bangsa.