Prospek Kerja Lulusan Akuntansi

Profesi akuntansi  sangat menjanjikan, karena jurusan akuntansi  dibutuhkan oleh semua bidang bisnis. Entah bisnis model apapun pasti membutuhkan mahasiswa akuntansi. Ada banyak posisi berbeda yang bisa ditemukan di bidang akuntansi. Di bawah ini merupakan prospek kerja jurusan akuntansi.

  • Profesi Akuntan Publik

Akuntan publik berkenaan dengan pelayanan jasa akuntansi bagi masyarakat. Setiap akuntan publik wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesa (IAPI). IAPI adalah asosiasi yang diakui oleh pemerintahuntuk memberikan jasa akuntan publik.

  • Auditor Internal

Internal auditor bertugas untuk memeriksa atau mengedit secara internal dalam perusahaan untuk kepentingan bagian manajemen perusahaan. Auditor bertugas memastikan hasil laporan keuangan sesuai dengan aslinya.

  • Financial Analyst

Financial analyst dibutuhkan oleh perorangan ataupun institusi dimana pekerjaannya adalah menerjemahkan informasi keuangan untuk dijadikan dasar pertimbangan pengambilan keputusan bisnis.

  • Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan. Jasa yang diberikan biasanya perencanaan pajak, pembuatan laporan SPT pajak dan review pajak.

  • Perencana Keuangan

Perencana keuangan seiring bertumbuhnya peningkatan kesejahteraan yang meningkat tiap tahun di Indonesia maka kebutuhan seseorang yang dapat memberikan saran di bidang keuangan juga meningkat. Peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa orang yang menekuni profesi perencana.